Mengenal Waktu Shalat Fajar (Shubuh)

Fajar dalam istilah bahasa arab bukanlah matahari. Sehingga ketika disebutkan terbit fajar, bukan berarti terbitnya matahari. Fajar adalah cahaya putih agak terang yang menyebar di ufuk timur yang muncul beberapa saat sebelum matahari terbit. Ada dua macam fajar yaitu fajar kadzib dan fajar shadiq.

Fajar Kadzib adalah fajar yang “bohong” sesuai dengan namanya. Pada saat dini hari ada menjelang pagi ada cahaya agak terang yang memanjang dan mengarah ke atas di tengah langit. Bertuknya seperti ekor Sirhan (srigala), kemudian langit menjadi gelap kembali. Itulah fajar kadzib.

Fajar Shadiq adalah fajar yang benar-benar fajar dimana berupa cahaya putih agak terang yang menyebar di ufuk timur yang muncul beberapa saat sebelum matahari terbit. Fajar ini menandakan masuknya waktu shubuh.

Jadi ada dua kali fajar sebelum matahari terbit. Fajar kadzib dan fajar shadiq. Selang beberapa saat setelah fajar shadiq, barulah terbit matahari yang menandakan habisnya waktu shubuh.

Maka waktu antara fajar shadiq dan terbitnya matahari itulah yang menjadi waktu untuk sholat shubuh.

di dalam hadits disebutkan tentang kedua fajar ini:

اَلْفَجْرُ فَجْرَانِ فَجْرٌ يُحَرَّمُ فِيْهِ الطَّعَامُ وَ تَحِلُّ فِيْهِ الصَّلاَةُ وَفَجْرٌ تُحَرَّمُ فِيهِ الصَّلاَةُ وَ يَحِلُّ فِيْهِ الطَّعَامُ

“Fajar itu ada dua , pertama fajar (shodiq) yang haram saat itu makanan dan halal shalat (subuh), dan fajar yang lain (kadzib) haram shalat (subuh) dan halal makanan” [HR Ibnu Khuzaimah 1/52/2, Al-Hakim 1/425 dan dishahihkan oleh Al-Albani dalam Silsilah Shahihah 2/314]

Sumber:
Riyadi, AR Sugeng.2012.Urgensi Hisab-Hisab untuk Pendidikan Ummat.Solo: Majalah Assalaam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: