Mengenal Waktu Shalat Dzuhur

Dimulai sejak matahari tepat berada di atas kepala, namun sudah mulai agak condong ke arah barat. Isilah yang sering digunakan dalam terjemahan bahasa Indonesia adalah tergelincirnya matahari. Sebagai terjemahan bebas dari kata zawalus syamsi. Namun istilah ini seringkali membingungkan karena kalau dikatakan bahwa ‘matahari tergelincir’, sebagian orang akan berkerut keningnya. “Apa yang dimaksud dengan tergelincirnya matahari?”

Zawalus syamsi adalah waktu dimana posisi matahari ada di atas kepala kita, namun sedikit sudah mulai bergerak arah barat. Jadi tidak tepat di atas kepala.

Waktu untuk shalat zhuhur ini berakhir kala panjang bayangan suatu benda menjadi sama dengan panjang benda itu sendiri. Misalnya kita menancapkan tongkat yang tingginya 1 meter dibawah sinar matahari pada permukaan tanah yang rata. Bayangan tongkat itu semakin lama akan semakin panjang seiring dengan semakin bergeraknya matahari ke arah barat. Begitu panjang bayangannya mencapai 1 meter, maka pada saat itulah waktu zhuhur berakhir dan masuklah waktu ashar.

Ketika tongkat itu tidak punya bayangan baik di sebelah barat maupun sebelah timurnya, maka itu menunjukkan bahwa matahari tepat berada di tengah langit. Waktu ini disebut waktu istiwa’ Pada saat itu, belum mulai masuk waktu zhuhur.
Begitu muncul bayangan tongkat di sebelah timur karena posisi matahari bergerak ke arah barat, saat itu dikatakan zawalus syamsi atau ‘matahari tergelincir’ dan masuklah waktu zhuhur.

Sumber:
Riyadi, AR Sugeng.2012.Urgensi Hisab-Hisab untuk Pendidikan Ummat.Solo:Majalah Assalaam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: