Kajian Islam ‘Askariyyun Biologi Unpad

~Kajian perdana~
Senin 4 Maret 2013 Pukul 16.00 WIB
Bersama Pak Suryana
Sore hari itu begitu dingin. Titik-titik air mulai jatuh membasahi gedung D-2. Sebagian mahasiswa kembali ke rumah atau ke kosannya masing-masing dan masih banyak juga yang tetap di kampus dengan berbagai kegiatannya masing-masing.
Kajian perdana dari ‘Askar, semakin mewarnai D-2. Walaupun hujan rintik-rintik, semangat untuk menuntut ilmu agama tidaklah pudar. Hingga akhirnya, Allah memberikan penerangan cahaya matahari yang membuat awan tak lagi menurunkan titik-titik airnya.
CIMG0359
Acara yang merupakan salah satu program kerja dari Biro Rohani ‘Askar DP XXXIV Himbio Unpad tersebut bertujuan untuk menambah wawasan keislaman sekaligus memperat ukhuwah islamiyah mahasiswa muslim yang ada di jurusan Biologi. Sebagai pemateri dalam acara tersebut adalah Pak Suryana. Beliau menyampaikan materi mengenai hubungan alam dengan manusia. Acara yang dihadiri 23 mahasiswa biologi tersebut dilaksanakan di samping rumah kaca. Di awali dengan pembacaan ayat Al-Quran oleh M Nasrullah Akbar 2012 acara kemudian di lanjutkan dengan pematerian oleh Pak Suryana.
Mengawali pematerian tersebut, Dosen yang mengampu matakuliah Kriptagame tersebut bertanya pada peserta “Hubungan apa yang bisa kamu lihat antara manusia dengan alam?” Tanya Pak Suryana sambil menunjuk beberapa orang di antara peserta yang hadir.
“saling membutuhkan Pak.” Jawab seorang ikhwan yang mengutip dari mata kuliah Ekologi Manusia.
“sama-sama memiliki kehidupan pak.” Jawab salah seorang ikhwan dengan semangat mahasiswanya.
“sama-sama indah dipandang pak.” Jawab salah seorang akhwat.
“sama-sama ciptaan Allah pak.” Jawab seorang akhwat yang lain dengan yakin.
Beragam sekali jawabannya. Hingga Pak Suryana berkata, “dari beberapa jawaban yang luar biasa, ada satu jawaban yang paling luar biasa.”
“Apakah itu?
Ya, sama-sama ciptaan Allah.
Tapi, nanti dulu..” tambahnya
“Bagaimana bisa kita tahu bahwa dzat yang menciptakan manusia, alam dan seisinya adalah Allah?.” Tanya pak Suryana
“dari orang tua pak!” jawab seorang ikhwan sambil bergurau.
Peserta kajian pun meng-iya-kan apa yang dikatakan oleh ikhwan tersebut. Dan memang benar! Kita mengenal kata الله dari orang tua Kita. Jangan kira apa yang diajarkan orang tua itu tidak berlandaskan dalam Al-Quran. Karena Alloh SWT berfirman:
“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal” ( QS 3;190)
“(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka” (QS 3;191)
Jadi, sahabat-sahabat ‘Askar jangan pernah ragu!
Karena Alloh lah yang menciptakan alam semesta dan isinya.
Teruslah perkuat ukhuwah sebagai pribadi mukmin yang LUAR BIASA!
Ingatlah Allah dimanapun kau berada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: