Sejarah ‘Askar

SEJARAH ‘ASKAR
‘ASKAR adalah Rohis Himbio Unpad. Meski mengalami beberapa kali perubahan format, sejatinya tidak ada yang berubah dari ‘ASKAR, ia adalah roda penggerak da’wah di jurusan Biologi, selain hanya perubahan nama dan formasi yang ada di dalamnya.

Pada sejarah awal yang saya ketahui, roda penggerak ini bernama Al-Hayat. Tahun 2000 dipegang oleh Kang Hapas Diar (Angkatan 98). Kemudian pada Tahun 2001 tampuk kepemimpinan diserahkan pada kang Nino Dewanto (angkatan 99) yang disertai oleh tim yang solid, gabungan dari beberapa angkatan ( Teh Tuti 98, Teh Endah 98, Teh Irma Y 99, Teh Liswidyawati 99, Teh Dini DN 99, Sony 99, Yudi Mahmudin 99, Yusup Agung W 00, Ikhsan 00, Adinegara 00, Durotu Aini 00, Nur’aini El Shinta 00, Dini 00, Noneng 00, Nina Ayu 00 dkk). Sampai sekitar tahun 2002, mengalami perubahan format ( FOLIUM dan ROHIS BE) karena menyesuaikan dengan format kepengurusan DP yang bernama Badan Eksekutif (bukan Dewan Pengurus) sebagai sebuah inovasi baru dari Ketua Himbio pada periode itu. Struktur yang terbentuk kala itu, ROHIS BE HIMBIO UNPAD ditenagai oleh beberapa orang saja sebagai representatif. Sedangkan struktur penggerak utama berada di tangan FOLIUM. Namun pada perkembangannya, FOLIUM bergerak dengan cukup akseleratif sehingga atmosfir keislaman terasa cukup kental di jurusan Biologi. Dalam tingkatan Fakultas, hanya jurusan Biologi-lah satu-satunya yang mengadakan penyembelihan hewan kurban pada ‘Idul Adha. Hangatnya atmosfer ini “memaksa” kawan-kawan yang – notabene – bukan anggota himpunan untuk turut ambil bagian dalam kegiatan da’wah yang digalang. Dengan demikian, memang terjadi cukup ketimpangan dalam hal mobilisasi personil (yang kemudian diamati oleh kawan-kawan di Himpunan sebagai sesuatu yang kurang sehat). Pada gilirannya permasalahan ini (non him yang aktif di FOLIUM) kemudian menjadi salah satu agenda yang dibahas dalam MBA. Hasilnya, FOLIUM dinyatakan sebagai sebuah FORUM dimana orang-orang dapat berkreasi dan beraktivitas. Selanjutnya, roda da’wah pun bergulir mencari format baru yang lebih sesuai. Maka dalam rapat internal diputuskan bahwa roda penggerak baru yang disusun diberi nama ‘ASKAR (yang berarti tentara) dengan maksud untuk memberi spirit berjuang. Bagaimanapun juga, nama memengaruhi pergerakan.Salah satu prestasi yang cukup menggembirakan pada periodisasi FOLIUM ini adalah dengan dimasukkannya materi kerohanian sebagai materi wajib dalam PCA. Setelah tahun-tahun sebelumnya hanya materi keilmuan saja yang masuk dalam materi PCA. Selain itu animo yang luar biasa dari kawan-kawan (baik yang hanif maupun yang hedon) cukup tinggi dalam membangun atmosfir keislaman di jurusan. Alhamdulillah. Segala Puji bagi Alloh.

Periodisasi penggunaan nama ‘ASKAR ini dimulai pada masa kepemimpinan Allohu Yarham Akhuna Deni Supardi (Alm) pada tahun 2004 dengan struktur yang masih menggunakan nama departemen dibawahnya. Pada masa ini format da’wah dikemas dengan sistem akselerasi sehingga dalam waktu yang cukup singkat, ‘ASKAR dikenal sebagai ROHIS HIMBIO dan mencuat di kampus. Salah satu prestasi yang digagas pada masa ini adalah penyusunan buku mentoring yang dibagi menjadi sekitar >40 materi. Selain itu, ‘ASKAR menjadi ROHIS pertama di Jatinangor yang menggelar Karnaval untuk menyambut bulan Romadhon, Syahr Al-Mubarok. Masyaa Alloh, pada masa ini Alloh memiliki kehendak. Ketua ‘ASKAR dipanggil oleh-Nya tepat pada tanggal 1 Romadhon. Sungguh kehilangan yang amat berat bagi kami. Allohummaghfirlaha Wa ‘aafiha wa’fuanha.

Selanjutnya tongkat kepemimpinan diestafetkan kepada al-akh Ramdhan Mulyana (angkatan 2003) sebagai Pejabat Sementara (Pj.S) menggantikan beliau (alm).
Gebrakan demi gebrakan dilakukan pada periode ini. Misalnya saja menggagas format rihlah dengan medan yang cukup dahsyat (Parongpong), menggelar rihlah track mujahid (Susur sungai gunung Puntang) hingga agenda-agenda rutin seperti night track open house ‘ASKAR. Pemberian reward berupa motivasi dalam bentuk sertifikat juga dioptimalkan. Demikian halnya dengan ‘Idul qurban yang mulai menjelajah ke arah kampus sebelah timur tepatnya ke kampung Cikuda. 5 ekor domba kurban adalah prestasi tersendiri kala itu. Bisa anda bayangkan bagaimana atmosfir keislaman ketika itu. Dahsyat. Meski hati masih merasakan kehilangan namun perjuangan tak boleh padam.

Tahun 2005, tahun perintisan dalam hal penggunaan bahasa arab dalam menyusun departemen sebagai salah satu bagian dari Sunnah. Meski terkesan coba-coba, namun penamaan ini telah di-ACC orang yang berkompeten di bidangnya (ketika itu salah seorang personil ‘ASKAR, akh Boy Valenza Damiri (angkatan 2000),berkesempatan kuliah di Ma’had Al-Imarat. Sekarang beliau S2 di Univ. King Saud, Saudi Arabia). BRIGADE ‘ASKAR, yang dikomandani Abdillah Luhur (angkatan 2004) menandai sebuah model imperium da’wah yang lebih “gahar” dalam gaungnya. Berbagai batalyon disusun untuk memperkuat daya gempur dari pasukan yang satu ini. Batalyon At-Tarbiyah Al-Islamiyah, Batalyon Al-’Ilm, Batalyon Al-Qolam dan Batalyon Al-‘Ijtimaiyyah dan Keputrian As-Sausan. Berbagai operasi tempur digelar untuk unjuk kekuatan dari tentara da’wah yang bermarkas di gedung D2 ini. Yang cukup fenomenal adalah kali ini seremonial penyambutan Romadhon dilakukan di gerbang UNPAD lama. Selain itu, acara bagi-bagi ta’jil dan Ifthor jama’i bertajuk BOMDARDIR (buka shaum bareng di timur tengah*), ifthor bergaya ala Palestina adalah inovasi-inovasi baru dalam operasi tempur. As usual, halaqoh-halaqoh merupakan bagian tak terpisahkan dalam pembinaan kepribadian para jama’ah di Biologi. Selain disuplai dengan ta’lim-ta’lim dahsyat tentunya. Bagaimana dengan acara kemuslimahan? Tentunya ini bagian yang tak luput untuk dikaji. Keputrian As-Sausan banyak memberikan warna baru dalam dunia keislaman para akhwat. Materi maupun pelatihan yang bersifat softskill diberikan untuk membekali para muslimah, selain diniyah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: